SEPIK: Situs Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013

SEPIK: Situs Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013 | Idamanseo ~ Penerapan Kurikulum 2013 yang direncanakan dimulai tahun pelajaran baru, Juli 2013 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepertinya bakal siap dijalankan.

Hal ini terlihat dari perkembangan informasi terbaru tentang Kurikulum 2013 seperti diberitakan dalam rilis laman Kemdikbud.go.id, yakni disetujuinya Kurikulum 2013 berikut anggarannya sebesar Rp 829 Miliar oleh mayoritas fraksi di Komisi X DPR dalam Rapat Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan Komisi X DPR pada Senin (27/5).

SEPIK: Situs Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013

SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum)

Terhadap implementasi kurikulum 2013 ini sendiri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan website atau situs SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum). Situs ini diluncurkan untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi kurikulum yang meliputi: distribusi buku, pelaksanaan pelatihan dari Instruktur Nasional, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru Inti hingga Guru Sasaran. SEPIK menyediakan fitur-fitur yang diperlukan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengakses lebih jauh pelaksanaan pelatihan.

SEPIK: Situs Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013

Tentang SEPIK

SEPIK adalah Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fungsi utama SEPIK adalah :

1. Menampilkan Informasi untuk Publik secara detil mengenai 6.325 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 31 LPMP.
2. Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah sasaran Kurikulum 2013 sebagai e-livereport.
3. Memantau Status Keterlaksanaan Pelatihan Instruktur Nasional, PTK Inti dan PTK Sasaran di LPMP sebagai e-livereport.

SEPIK dioperasikan oleh 7 Kelompok Operator sebagaimana gambar berikut:

SEPIK: Situs Pemantauan Implementasi Kurikulum 2013

SEPIK berada di server fasilitas awan (Clouds) Jardiknas Pustekkom dengan nama sub-domain kurikulum.kemdikbud.go.id. SEPIK dapat diakses oleh kelompok operator dengan tingkat dan hak akses (Privilage) yang telah diatur oleh Administrator.

Untuk lebih jelas tentang SEPIK dan ingin melihat perkembangan informasi implementasi Kurikulum 2013, silahkan kunjungi langsung situs SEPIK di http://kurikulum.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat..